Penyakit Tanaman Pertanian

TINJAUAN TEORITIS OST GREEN BOTANE

iklan 2
Pupuk OST Green Botane merupakan pupuk hayati yang diformulasi secara khusus mengandung konsentrat berbagai jenis bahan organik dan humus aktif yang diperkaya dengan berbagai jenis mikroba seperti penambat N nonsimbiotik (Alcaliginus sp, Azotobacter sp, Azospirillum sp), mikroba pelarut posfat (Aspergillus sp, Pseudomonas sp, Bacillus sp). OST Green Botane berfungsi sebagai soil regenerator dengan prinsip kerja Feeding the Soil that the Plant.
Manfaat Pupuk OST Green Botane
Penggunaan pupuk OST Green Botane sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kondisi perakaran tanaman. Pupuk OST Green Botane bekerja secara alami meningkatkan kondisi fisik, kimia, dan biologi tanah. Manfaat nya secara rinci adalah sebagai berikut :
1. Meningkatkan kondisi fisik tanah
Salah satu komponen utama pupuk OST Green Botane adalah humus aktif yang mengandung humic acid yang berfungsi untuk memperbaiki tekstur tanah, kegemburan dan konsistensi serta agregat tanah. Adanya humus aktif juga akan meningkatkan kemampuan tanah untuk menahan air dan hara sehingga ketersediaannya meningkat.
2. Meningkatkan kondisi kimia tanah
Humus aktif dan humic acid dalam pupuk OST Green Botane akan meningkatkan KTK tanah. Hara makro dan mikro, protein dan asam amino alami sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Adanya mikroba penambat N akan meningkatkan ketersediaan nitrogen dalam tanah, sedangkan mikroba pelarut posfat akan meningkatkan ketersediaan P.
3. Meningkatkan kondisi Biologi Tanah
Pupuk OST Green Botane mengandung C-organik yang cukup tinggi dengan C/N ratio yang baik sehingga dapat menstimulir pertumbuhan mikroba dalam tanah. Adanya mikroba pada pupuk OST Green Botane akan meningkatkan keanekaragaman hayati dalam tanah, menekan pertumbuhan mikroba pathogen sehingga tanah menjadi sehat.
MEKANISME KERJA PUPUK OST GREEN BOTANE
Pemanfaatan mikroba dalam pengelolaan tanah menghasilkan suatu pendekatan baru dalam mengatasi berbagai masalah kesuburan tanah yang tidak dapat dipecahkan secara efisien dengan menggunakan teknologi kimia yang ada saat ini. Pemanfaatan bioteknologi ditujukan untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing produktivitas alam.
Pupuk OST Green Botane adalah suatu produk bioteknologi yang mengandung beberapa spesies mikroba (multi strain), humus aktif, protein dan enzim serta unsur hara makro dan mikro. Ada empat faktor kunci yang berperan dalam meningkatkan kehidupan tanah yang telah mati (soil regenerator) yaitu : (1) humus yang mengandung humic acid dan fulfic acid, (2) kalsium organik (3) protein dan enzim (4) inokulum bakteri yang menguntungkan bagi pertumbuhan tanaman.
Pada tahap pertama pupuk OST Green Botane akan mengaktifkan kehidupan mikroba tanah melalui sumbangan humus aktif, enzim dan komponen-komponen organik lainnya. Kontak antara pupuk OST Green Botane dengan tanah dan air akan mengaktifkan bakteri-bakteri yang ada dan menyebabkan siklus hara menjadi aktif. Bakteri pengikat nitrogen dalam pupuk OST Green Botane dikembangbiakkan dalam suatu enzim dengan formula khusus yang dapat menyebabkan terjadinya pengembangbiakan bakteri-bakteri untuk memenuhi kebutuhan persyaratan bagi kehidupan mikroba pada kondisi ekstrim. Meningkatnya kehidupan mikroba tanah akan membebaskan hara yang terfiksasi pada tanah dan dijerap oleh pupuk OST Green Botane pada senyawa karbon organik dalam bentuk tersedia bagi tanaman.
Sedangkan humus akan segera bekerja dalam memperbaiki kondisi struktur tanah sehingga meningkatkan jumlah ruang pori dan infiltrasi udara ke dalam tanah. Terciptanya suasana aerobik ini sangat menguntungkan bagi aktivitas mikroba tanah dan mekanisme penambatan nitrogen dari udara dapat berlangsung. Nitrogen tersebut akan dipegang dalam bentuk N-organik yang dilepaskan secara terkendali sesuai dengan kebutuhan mikroba dan tanaman.
Kalsium (Ca) yang terdapat dalam OST Green Botane memasuki kompleks pertukaran ion akan membebaskan CO2 bagi tanaman sehingga lebih banyak tersedia bagi proses fotosintesis tanaman. Meningkatnya fotosintesis tersebut akan menghasilkan lebih banyak asimilat yang diperlukan tanaman dalam fase-fase pembentukan bunga dan buah.
Pada tanah-tanah marginal dengan kandungan bahan organik yang kecil (< 2%) pemberian pupuk OST Green Botane perlu dilakukan secara kontiniu untuk mendapatkan akumulasi dampak yang positif. Karena konsentrat yang terdapat dalam pupuk OST Green Botane mampu mendukung kebutuhan hara bagi pertumbuhan mikroba, maka mikroba tersebut akan tumbuh dan berkembang hingga pada titik tertentu mampu menghidupkan siklus unsur hara bagi pertumbuhan mikroba.
Protein dan enzim pada OST Green Botane sangat diperlukan untuk menstimulir pertumbuhan mikroba asli dan inokulan yang ditambahkan pada OST Green Botane.
KOMPOSISI PUPUK OST GREEN BOTANE
C-organik ± 20,0 %
N-Total ± 2,0 %
P2O5 ± 2,3 %
K2O ± 1,7 %
CaO ± 6,0 %
MgO ± 1,0 %
Mikoroba Penambat N : Alcaliginus sp, Azotobacter sp, Azospirillum sp
Mikroba Pelarut fosfat (P) : Aspergillus sp, Pseudomonas sp, Bacillus sp dan Trichoderma sp.
iklan 3
iklan1

0 Comment for "TINJAUAN TEORITIS OST GREEN BOTANE"

Back To Top