Penyakit Tanaman Pertanian

HUMIC ACID

iklan 2
Bagaimana Asam Humic meningkatkan kemampuan Tanah
Pemberian Asam Humic pada tanah berliat akan dapat membantu memecahkan tanah yang padat yang memungkinkan untuk meningkatkan penetrasi air sehingga zona perkembangan akar menjadi lebih baik dalam pertumbuhan dan perkembangan. Pada tanah berpasir asam humic akan menambahkan bahan organic penting yang dibutuhkan untuk retensi air sehingga meningkatkan kemampuan akar dan meningkatkan kemampuan tanah berpasir untuk mempertahankan agar hara yang terdapat di dalam tanah tidak tercuci.

Bagaimana Asam Humic meningkatkan pertumbuhan tanaman
Asam Humic terutama berfungsi untuk membebaskan unsur hara yang masih terikat didalam tanah sehingga unsure tersebut menjadi unsure yang tersedia dan siap diserap oleh akar. Sebagai contoh jika Aluminium terikat dengan fosfor, maka Asam Humic akan melepaskan sehingga fosfor menjadi unsure yang bebas. Asam Humic juga sangat berperanan penting dalam meningkatkan ketersediaan mikroorganisme didalam tanah.

Bagaimana hubungan Asam Humic dengan Mikroba Tanah
Aktivitas mikroba tanah sangat penting bagi kelangsungan perbaikan struktur tanah serta pertumbuhan tanaman. Humic Acid senantiasa akan merangsang aktivitas mikroba dengan menghadirkan mikroba alami yang memiliki karbon sebagai bahan makanan sehingga mendorong pertumbuhan dan aktivitas mereka. Mikroba tanah berfungsi untuk memecah unsure-unsur yang terikat seperti fosfor dan lainnya yang kemudian diserap oleh asam humic dan kemudian dibebaskan menjadi unsure yang siap diserap oleh akar.
Peranan Humic Acid dalam Pemupukan
Humic Acid secara teknis bukan pupuk. Humic Acid adalah agent yang terpenting yang dapat digunakan sebagai pelengkap di dalam pupuk organic. Dalam kenyataannya penggunaan Humic Acid dalam jangka lama akan mengurangi kebutuhan pupuk sintetik. Hal ini disebabkan dengan penggunaan Humic Acid dalam jangka lama akan meningkatkan kemampuan tanah untuk membuat unsure tetap dalam kondisi yang tersedia dengan bantuan mikroba tanah.
iklan 3
iklan1

0 Comment for "HUMIC ACID"

Back To Top