Penyakit Tanaman Pertanian

iklan 2
Dahsyatnya Mulut Konsumen

“Selamat pagi pak Joko, ceria sekali bapak bekerja pagi ini, barangkali karena Bapak merasa senang ya melihat tanaman padi Bapak yang tumbuh dengan subur seperti ini.? Pak Bayu bertanya. Kemudian Pak Joko dengan senyum berkata, “Benar pak, alhamdullilah berkat pupuk “x” tanaman padi saya bisa seperti ini dan saya sangat bersyukur sekali”. Begitu ya pak, kalau begitu saya juga akan pakai pupuk “x” tersebut agar saya juga bisa merasakan seperti yang Bapak rasakan…..Pembicaraan seperti ini sangat sering sekali terjadi dikalangan petani kita di pedesaan. Petani yang satu akan membicarakan apa yang dia rasakan kepada petani yang lain demikian juga sebaliknya.

“Dahsyatnya Mulut Konsumen” judul opini ini sengaja saya angkat kembali dari judul opini yang pernah ditulis oleh Bapak Sumardy (Head of Consutant Octovate Consulting Group) di rubric kolom pada majalah Businessweek edisi 13 Mei 2009. Jika kita perhatikan dari gambaran cerita diatas, kita sebenarnya bisa analisa kembali media apa sebenarnya yang paling efektif dan paling dahsyat untuk melakukan promosi suatu produk. Jawabannya, ketika word of mouth marketing bekerja itulah media yang paling dahsyat. Tidak bisa dipungkiri, mulut ketika berbicara maka bisa saja yang keluar itu adalah sesuatu hal yang baik ataupun sebaliknya sesuatu hal yang buruk. Tetapi pada dasarnya ketika seseorang merasakan suatu manfaat yang luar biasa maupun pelayanan yang prima dari produk yang dia pergunakan maka sadar atau tidak dia sadari dia akan menceritakan hal tersebut kepada orang dimana dia berkumpul. Untuk menempatkan Brand image di posisi terbaik dimata konsumen maka para pelaku usaha sangat gencar melakukan promosi dengan berbagai cara menggunakan berbagai media yang ada. Hal ini pasti akan sangat membutuhkan biaya yang sangat tinggi sekali, sehingga rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan itu biasanya hampir 10% bahkan lebih yang masuk kedalam cost promosi.Apapun rangkaian kegiatan marketing yang kita lakukan pada intinya adalah bagaimana agar produk atau jasa yang kita tawarkan bisa diterima konsumen di pasar. Nah, ketika produk tersebut sudah mulai berkembang di pasar dan sudah diminati oleh konsumen biasanya mereka juga akan membicarakan hal tersebut kepada orang lain, tetapi pernah tidak perusahaan konvensional secara umum memberikan semacam penghargaan kepada konsumen tersebut ketika dia sudah mempromosikan produk tersebut kepada orang lain.? Konsep Word of Mouth Marketing (WMM) merupakan konsep marketing yang sangat dahsyat yang memang sudah saatnya diadopsi oleh seluruh pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Konsep ini secara umum sudah diadopsi oleh para pelaku bisnis multi level marketing. Dengan konsep WOMM ini kita akan berupaya bagaimana agar pelanggan kita membicarakan (do the talking), mempromosikan (do the promotion) dan menjual (do the selling). Dalam hal ini setiap pelanggan tidak perlu kita orientasikan menjadi penjual tetapi cukup sebagai pemberi informasi tentang manfaat dan kualitas produk yang kita pasarkan saja. Dengan demikian ketika konsumen lain yang memiliki persepsi negatif dan tidak mau mencoba produk kita, menjadi mau dan percaya serta bersedia mencoba produk kita maka proses marketing sebenarnya sudah memasuki tahapan clossing. Transform your talkers.! Transform the people your talkers talk too..! Hal inilah yang harus kita upayakan bisa tercipta diantara pelanggan kita, sehingga ketika ini sudah terjadi maka percepatan penempatan Brand image produk kita dimata konsumen akan berkembang dengan dahsyat dan pesat.



iklan 3
iklan1

0 Comment for " "

Back To Top